Jelly Fish Life Cycle (Metagenesis)

on Sunday, August 21, 2011

Jelly Fish atau yang kita kenal sebagai ubur-ubur adalah hewan unik dari kelompok Filum Coelenterata. Hewan ini mengalami metagenesis. Metagenesis merupakan persitiwa pergiliran keturunan atau pergantian siklus hidup suatu organisme yaitu siklus generatif dan siklus vegetatif.
  • Siklus generatif  (seksual)
    Pada siklus seksual melibatkan sel gamet (ovum dan sperma) dan dihasilkan individu dengan sebutan gametofit.
  • Siklus vegetatif  (aseksual)
    Pada siklus aseksual tanpa sel gamet dihasilkan dihasilkan individu dengan sebutan sporofit
Metagenesis dapat terjadi pada hewan dan tumbuhan. Tumbuhan yang mengalami metagenesis adalah tumbuhan paku (fern, Pteridophyta) dan tumbuhan lumut (moss, Bryophyta). Sedangkan hewan yang mengalami metagenesis adalah ubur-ubur, misalnya Obelia sp. dan Aurelia sp.
Metagenesis of Aurelia sp.
 Metagenesis diawali dari fase ubur-ubur dewasa/medusa yang melakukan reproduksi seksual, fase ini disebut fase gametofit. Fertilisasi sperma dan ovum akan menghasilkan zigot yang berkembang menjadi larva planula. Larva planula akan mencari tempat yang cocok untuk tumbuh. Kemudian dia akan berkembang menjadi polip/skifistoma. Polip memiliki tampilan morfologi yang berbeda dari ubur-ubur. Polip kemudian tumbuh dan memperbanyak diri secara vegetatif dan membentuk strobila. Strobila ini nampak seperti tumpukan mangkok. Kemudian bagian paling ujung strobila akan berkembang menjadi ubur-ubur muda/ephyra dan melepaskan diri dari strobila untuk melanjutkan siklus hidupnya.




Source: http://sausbuku.blogspot.com/2010/01/metamorfosis-dan-metagenesis.html
http://animals.about.com/od/cnidarians/a/lifecyclejellyf.htm

0 comments: